Kamis, 03 Juni 2010

Analisis pergerakan harga saham PT ANTM-Aneka Tambang Tbk di Bursa Efek Indonesia dengan Metode Can Slim

Nama : Vitra O. Utami

NPM : 212.07.448

Kelas : 3EB05

Dosen : Istichanah

Resume

Analisis Pergerakan Harga Saham PT. ANTM – Aneka Tambang, TBk

di Bursa Efek Indonesia dengan Metode Can Slim

Berinvestasi di bursa saham dapat menjanjikan keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan berinvestasi dengan metode konvensional, namun berinvestasi di bursa saham juga memiliki resiko kerugian yang sangat besar. Dibutuhkan sebuah pengetahuan untuk melakukan analisis pergerakan harga saham. Analisis ini berguna dalam menentukan waktu yang tepat untuk menjual ataupun membeli saham agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Metode Can Slim adalah satu metode yang dapat digunakan untuk mengukur pergerakan harga saham. Berdasarkan analisis metode Can Slim pergerakan harga saham PT. ANTAM dinyatakan bergerak kearah positif.

Dari hasil analisis yang dilakukan oleh Saudara Yusye Milawaty, ditemukan bahwa pergerakan saham PT. ANTAM dengan metode Can Slim adalah cukup baik. Hal ini dikarenakan perhitungan hasil nilai EPS PT. ANTAM sebesar 53,8 % artinya pertumbuhannya melebihi batas minimal yaitu sebesar 20 %.

Untuk penilaian tehadap New Product, New Management dan New Highs memiliki terobosan baru, baik di lihat dari sisi Supply maupun Demand-nya. PT. ANTAM merupakan salah satu perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia karena perseroan mempunyai pasokan nikel, emas, dan batu bara yang cukup banyak. Selain memproduksi untuk kebutuhan dalam negeri sebesar 60 %, PT. ANTAM juga melakukan ekspor di kawasan Asia yang diperkirakan sebesar 35 %.

Sedangkan untuk Institusi Sponsorship, saham PT. ANTAM diminati oleh sekuritas asing. Untuk Marketing Direction menunjukan pergerakan positif. Hasil PEG rasio kurang dari 1 artinya PT. ANTAM memiliki rasio pertumbuhan yang tinggi. Maka saham PT. ANTAM merupakan saham yang baik untuk dimiliki karena pergerakannya yang cukup baik.

1 komentar:

Nidya mengatakan...

Mbak Vitra, perkenalkan saya Nidya
mhswi Unair Sby..
saya sekarang sedang nyusun skripsi, topiknya tentang CANSLIM, boleh saya tahu dimana ya saya bisa dapat jurnal ini? soalnya mau saya jadikan refrensi..
mohon bantuannya ya mbak..

Poskan Komentar